Sumber : okezone.com

JAKARTA – Hari ini adalah peringatan hari Kartini ke-129, peringatan atas perjuangan emansipasi wanita. Lalu bagaimanakan Kartini di mata Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari. “Kartini adalah seorang wanita yang peka terhadap ketidakadilan,” ujar Menkes Siti Fadilah Supari kepada okezone di Jakarta, Senin (21/4/2008).

Menurut Siti, perjuangan istri dari Raden Adipati Djojoadiningrat dalam membebaskan perempuan dari semua keterbatasan dan keterbelakangan merupakan jasanya yang paling diagungkan hingga kini.

Dia mengatakan, harkat dan martabat perempuan dapat dinaikkan dengan ilmu. Karena itu, misi dari seorang Kartini adalah membuka mata kaum perempuan dengan ilmu dan pendidikan.

Kartini juga, kata Siti, inspirator Bung Karno dan Bung Hatta untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsanya dari penjajahan Belanda.

Namun, meski Indonesia sudah merdeka, bukan berarti perjuangan Kartini sudah selesai. Menurutnya hingga kini masih banyak terjadi ketidakadilan yang diterima dari kaum hawa. Seperti eksploitasi, penindasan, pelecehan, dan pemerkosaan yang kerap kali terjadi.