Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dan PPK Regional Jawa Tengah pada tanggal 28 April 2009 sampai pukul 10.00 WIB menginformasikan bahwa sejak tanggal 23 April 2009 terjadi letusan asap Gunung Slamet yang terletak di 5 wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kejadian tersebut menyebabkan hujan abu di 5 desa dalam 3 kecamatan di Kabupaten Tegal, yaitu Desa Cegedong, Desa Sawangan dan Desa Batumirah (Kec.Bumijaya), Desa Rembul (Kec.Bojong) dan Desa Kerih (Kec. Jatinegara).

Berdasarkan informasi dari pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, terhitung sejak tanggal 23 April 2009 pukul 18.00 WIB, status Gunung Slamet dinaikkan dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III). Hal ini ditandai dengan peningkatan gempa permukaan dan gempa tremor vulkanik, temperature air panas serta kejadian letusan asap.

Dari kejadian ini, tidak ada korban meninggal dunia, korban rawat jalan sebanyak 75 orang (60% diantaranya terkena ISPA ringan). Tidak ada sarana kesehatan yang rusak, dan air bersih tersedia dan tidak tercemar.

Upaya yg dilakukan antara lain: evakuasi korban, mendirikan pos kesehatan 24 jam di Dukuh Bumijaya dan Dukuh Bojong, melakukan pemantauan di lokasi bencana, dan PPK Regional Jawa Tengah memberikan bantuan 10.000 masker,obat – obatan dan perlatan tenda darurat.

Saat ini permasalahan Kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat. Pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, PPK Regional Jawa Tengah dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.