Hari Kesehatan Nasional dibutuhkan untuk membentuk penyadaran di tengah masyarakat tentang arti penting kesehatan. Sehubungan dengan itu, rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-36 yang jatuh pada 12 November 2000 ditandai dengan pencanangan Gerakan Menuju Indonesia Sehat Tahun 2010. Pencanangan itu dicetuskan Presiden Abdurrahman Wahid di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Selasa (7/11/2000).

Sehubungan dengan itu, Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang didampingi Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Ahmad Sujudi, serta Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, kemudian menurunkan spanduk raksasa dari tugu Monumen Nasional sebagai simbol resmi pencanangan Gerakan Menuju Indonesia Sehat 2010.

Kegiatan-kegiatan berupa Darma Bakti masyarakat ke desa-desa binaan Departemen Kesehatan juga akan dilakukan dalam rrankaian peringatan serupa. Kegiatan yang akan berlangsung di sejumlah kota di Indonesia itu juga meliputi pengadaan pelayanan kesehatan pada masyarakat terpencil. (sumber : sctv)