JAKARTA : Menteri Kesehatan Siti Fadhilah Supari mengucapkan terima kasih kepada RCTI atas nama pemerintah, akan kepedulian RCTI memberikan bantuan pengobatan operasi gratis kepada para penderita hernia, bibir sumbing, dan katarak.

Ucapan terima kasih disampaikan langsung oleh Menkes kepada Group President & CEO Global Mediacom Hary Tanoesoedibjo dan istrinya Liliana Tanoesoedibjo dalam acara penyerahan bantuan di lapangan parkir studio IV RCTI di Jalan Raya Perjuangan, Jakarta, Rabu 19 Agustus 2009 di Jakarta

“Pada kesempatan yang baik ini, tentu saja atas nama pemerintah saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepedulian RCTI membantu program kesehatan pemerintah,” ujar Menkes.
Siti Fadhilah menyebut acara yang digelar atas kerjasama RCTI dengan Royal Progress International Hospital dan RS Mata Aini itu sebagai kegiatan yang mulia. “Karena membantu orang-orang yang tidak beruntung. Dalam hal ini RCTI yang mendukung dan mengulurkan tangan, melalui ibu Liliana Sudibyo,” ujarnya.

“Saya tidak tahu bagaimana pimpinan daerah dalam menentukan orang miskin yang seharusnya memperoleh Jamkesmas, tetapi tidak mendapatkanya”, ujar Menkes Dr. dr. Siti Fadilah Supari, Sp. JP (K) ketika meresmikan program Sosial Kemasyarakatan Jalinan Kasih RCTI di halaman RCTI Kebon Jeruk, Jakarta tanggal 19 Agustus 2009.

Menkes menyatakan terkejut mendengar laporan bahwa selama 8 kali Program Jalinan Kasih RCTI dilaksanakan telah melakukan operasi sebanyak 1.860 orang dengan bermacam-macam kelainan. Barangkali diantara pasien yang memerlukan operasi ini juga peserta Jamkesmas. “ Mereka ini tergolong miskin tidak, tetapi kaya juga tidak “ ujar Menkes. Menkes berharap selain RCTI, perusahaan swasta lainnya juga mempunyai program serupa untuk menolong masyarakat kita yang kurang beruntung.
Acara penyerahan bantuan kepada 174 penderita hernia, bibir sumbing, dan katarak, dari kalangan kurang mampu berlangsung sekira pukul 14.30 WIB hingga pukul 15.30 WIB. Hadir dalam acara ini asisten bidang kesehatan masyarakat wali kota Jakarta Barat, Firdaus Mansyur, serta para penerima bantuan.

Group President & CEO Global Mediacom Hary Tanoesoedibjo dalam sambutannya mengatakan, program jalinan kasih RCTI merupakan wujud kepedulian terhadap para pasien dari kalangan kurang mampu. Kegiatan semacam ini akan digelar secara berkala di masa mendatang.

“RCTI melalui program jalinan kasih terus meningkatkan program kemasyarakatan dalam bidang kesehatan, yaitu dengan terus berkomitmen menyalurkan dana sumbangan masyarakat dan pemirsa RCTI kepada para pasien yang membutuhkan,” pungkasnya.(ful)